Memperingati Hari Batik Sedunia

0
Hari ini saya akan memposting sesuatu yang baru dalam blog saya. Saya ingin mempelajari bangsa saya sendiri yaitu bangsa INDONESIA. Mengapa saya bilang begitu ?. Kearena saya orang Indonesia. OK langsung aja ke topik pembicaraannya, kali ini saya memposting tentang batik.
Batik adalah warisan budaya dari Indonesia yang diakui UNESCO setelah wayang (2003) dan keris (2005). Sedangkan warisan budaya dari Indonesia selanjutnnya yang sedang diusulkan adalah angklung.
Tanggal 2 Oktober 2009 adalah hari yang spesial buat Bangsa Indonesia. Karena pada saat itulah Lembaga PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) bakal menetapkan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia (the world cultural heritage of humanity from Indonesia). Hal yang perlu digaris bawahi adalah kata “dari Indonesia” karena hal ini merupakan “kemenangan” atas salah satu isu sensitif yang merebak terutama setelah adanya klaim dari negara tetangga tentang asal usul dan hak kekayaan intelektual atas batik.

Gerakan Memakai Batik tanggal 2 Oktober 2009 sudah digulirkan dari jauh-jauh hari. Getok tular dari mulut ke mulut, dari mulut ke mulut, dari e-mail ke e-mail, dan tentu saja dari milis ke milis. Akibatnya “Batik Craze” merajalela di Indonesia. Batik yang pada umumnya digunakan untuk pakaian sekarang dimodifikasi dengan segenap kreatifitas yang dimiliki seperti niatan beberapa blogger untuk mengganti template blog mereka menjadi bermotif batik dan para biker yang mengecat helm mereka sehingga bermotifkan batik.

Khususnya Riau (Indonesia) sebagai tempat asal batik (diakui oleh UNESCO) juga tidak mau kalah dengan menciptakan motif dan corak khas batik daerah sendiri. Di Riau ada dikenal sebagai khasanah membatik. Hasil kerajinannya disebut dengan batik Riau. Batik Riau menggunakan motif tempatan, tentu saja pengembangan ini membuat khasanah batik tanah air semakin kaya. Ada yang menyebutkan setiap batik dibedakan dengan sebuah teknik atau cara untuk menghasilkan motif tertentu.
Ini adalah salah satu warisan dunia yang di akui UNESCO, masih banyak lagi warisan yang ada di bumi ini. mkanya kita harus selalu menjaganya agar anak cucu kita dapat menikmatinya juga.
Sekian dulu postingan hari ini semoga bermanfaat bagi anda semua yang membacanya.

Ditulis Oleh : m4ilsmile

Artikel Memperingati Hari Batik Sedunia ini ditulis oleh m4ilsmile pada hari Sunday, October 2, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Memperingati Hari Batik Sedunia dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.