Pilih Perangkat Jaringan

0

Dalam proses instalasi jaringan kita hendaklah mengetaahui apa apa saja perangkat yang dibutuhkan. Dan pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan kepada anda apa apa sajaperangkat jaringan tersebut .

1. Hub


Hub digunakan untuk berbagi data antara beberapa perangkat pada bagian jaringan atau mengubungkan beberapa computer dalam 1 network. Fungsi lainnya yaitu dengan hub, anda dapat menghubungkan ke perangkat jaringan lainnya seperti switch atau router. Kecepatan maksimum jaringan ditentukan oleh kecepatan hub.

Hub jarang digunakan hari ini karena efektivitas dan biaya rendah switch. Selain itu hub tidak segmen lalu lintas jaringan, sehingga mereka mengurangi jumlah bandwidth yang tersedia untuk perangkat apapun. Selain itu, karena hub tidak dapat menyaring data, banyak lalu lintas yang tidak perlu terus-menerus bergerak antara semua perangkat yang terhubung untuk itu.

Salah satu keuntungan dari sebuah hub adalah bahwa ia meregenerasi data yang melewati. Ini berarti bahwa sebuah hub juga dapat berfungsi sebagai repeater. Hub dapat memperluas jangkauan jaringan karena membangun kembali sinyal, yang mengatasi efek jarak.

2. Switch


Pada jaringan modern, switch telah menggantikan hub sebagai titik pusat dari konektivitas. Seperti sebuah hub, kecepatan switch menentukan kecepatan maksimum jaringan. Namun, switch filter dan lalu lintas segmen jaringan dengan mengirimkan data hanya ke perangkat yang dikirim. Ini menyediakan bandwidth yang lebih tinggi yang didedikasikan untuk setiap perangkat pada jaringan.

Switch memiliki tabel switching. Tabel beralih berisi daftar semua alamat MAC pada jaringan, dan daftar port switch yang dapat digunakan untuk mencapai perangkat dengan alamat MAC yang diberikan. Tabel beralih catatan alamat MAC dengan memeriksa sumber alamat MAC dari setiap frame yang masuk, serta port yang frame tiba. Switch kemudian menciptakan sebuah tabel switching yang peta alamat MAC untuk port keluar. Ketika sebuah frame tiba yang diperuntukkan untuk alamat MAC tertentu, switch beralih menggunakan tabel untuk menentukan port yang digunakan untuk mencapai alamat MAC. Frame diteruskan dari pelabuhan ke tujuan. Dengan mengirimkan frame keluar hanya satu port ke tujuan, port lain tidak terpengaruh.

3. Router

Router menghubungkan jaringan bersama-sama. Pada jaringan perusahaan, satu port router terhubung ke koneksi WAN dan pelabuhan lain terhubung ke LAN perusahaan. Router menjadi gateway, atau jalan ke luar, untuk LAN. Dalam sebuah jaringan rumah, router menghubungkan komputer dan perangkat jaringan di rumah ke Internet. Dalam kasus ini, router gateway rumah. Router nirkabel, ditunjukkan dalam Gambar 1, berfungsi sebagai pintu gerbang rumah, titik akses nirkabel, dan switch. Ketika router rumah menyediakan beberapa layanan, mungkin disebut perangkat multi-fungsi.

4. Peralatan ISP

Ketika berlangganan ke ISP, Anda harus mencari tahu apa jenis peralatan yang tersedia sehingga Anda dapat memilih perangkat yang paling sesuai. Banyak ISP menawarkan diskon pada peralatan yang dibeli pada saat instalasi.

Beberapa ISP dapat menyewa peralatan di dasar bulan ke bulan. Ini mungkin lebih menarik karena ISP mendukung peralatan jika ada kegagalan, mengubah, atau upgrade ke teknologi. Pengguna rumah dapat memilih untuk membeli peralatan dari ISP karena, setelah periode waktu, biaya awal peralatan akan lebih rendah daripada biaya sewa peralatan.

Ditulis Oleh : m4ilsmile

Artikel Pilih Perangkat Jaringan ini ditulis oleh m4ilsmile pada hari Sunday, September 25, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Pilih Perangkat Jaringan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.