Menentukan Komponen Untuk Jaringan

0

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin membeli komponen-komponen untuk jaringan yaitu: 
Jenis kabel
Ukuran jaringan menentukan jenis kabel jaringan yang akan digunakan. Kebanyakan jaringan saat ini kabel menggunakan satu atau lebih jenis kabel tembaga twisted-pair:

     CAT5
     Cat5e
     Cat6
     Cat6a


Memilih jenis koneksi ISP
  Beberapa reseller swasta yang terhubung ke perusahaan telepon dapat menjual koneksi lebih dari yang diperbolehkan, yang memperlambat kecepatan keseluruhan layanan kepada pelanggan.Ada tiga pertimbangan utama untuk koneksi internet:

    
Kecepatan
    
Keandalan
    
Ketersediaan


Berikut ini adalah tips dan trik untuk memilih koneksi jenis ISP:
1. Kecepatan Transfer Data

Selain sebagai sumber infomasi, internet merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data-data (teks, gambar, suara, dll.).

Menggunakan internet berarti mempertukarkan data-data antar beberapa komputer. Misalnya: jika kita membuka sebuah halaman WEB, kita mengirimkan permintaan halaman WEB dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Komputer server halaman WEB tersebut akan mengirimkan halaman WEB yang diminta.

Dalam perpindahan data dari suatu komputer di internet ke komputer lain dan sebaliknya, kecepatan transfer data merupakan hal yang sangat penting. Kecepatan transfer data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan.

2. Bandwidth

Bandwidth adalah “Lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat diibaratkan sebuah jalan raya yang dilewati oleh banyak kendaraan (data-data) secara bersamaan. Semakin banyak kendaraan yang lewat maka semakin lambat laju kendaraan, semakin lebar jalan raya maka semakin banyak dan cepat kendaraan yang bisa lewat.

Kita perlu tahu berapa besar bandwidth yang dimiliki oleh ISP. Dengan demikian, kita tahu kemampuan ISP tersebut untuk mentransfer data.

3. Memiliki Server Proxy

Server Proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses halaman-halaman favoritnya dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman-halaman WEB yang sering dikunjungi. Server Proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak lagi perlu terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.

4. Memiliki Backbone

Backbone adalah ”Saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet”. Pembuatan sebuah Backbone merupakan teknologi yang sangat tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan ISP menyewa Backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan Backbone bersama-sama dapat menghemat biaya, namun dapat mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.

5. Keamanan Data

Transaksi Internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah ISP tersebut menggunakan Firewall untuk menjamin keamanan transaksi On-Line yang kita lakukan.

6. Layanan yang Diberikan

Kita juga perlu tahu layanan apa saja yang disediakan ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account E-Mail? Berapa banyak account E-Mail yang disediakan?

7. Biaya

Biaya merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Kita harus mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP. Apakah sistem pembayaran dilakukan per bulan ataukah dikenakan biaya per waktu pemakaian? Kita juga perlu mempertimbangkan bahwa selain membayar biaya untuk akses internet, juga membayar biaya pemakaian telepon.

8. Hardware

Kita juga perlu berapa banyak modem yang yang dimiliki oleh sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan per modem. Hal tersebut perlu kita ketahui karena akan mempengaruhi layanan yang akan kita dapatkan dari ISP tersebut.

9. Teknologi yang Digunakan

Kita juga perlu tahu teknologi apa saja yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Beberapa ISP untuk layanan koneksi Dial-Up menggunakan teknologi kompresi data, yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat.

Sedangkan untuk layanan koneksi internet dengan 3G, beberapa penyedia layanan menggunakan teknologi HSDPA (High Downlink Packet Access) yang lebih memungkinkan kecepatan akses data hingga 2,6 Mbps.


Memilih netwok card

Sebelum membeli NIC, Anda harus penelitian kecepatan, faktor bentuk, dan kemampuan yang menawarkan kartu. Periksa kecepatan dan kemampuan dari hub atau switch yang akan terhubung ke komputer.

NIC Ethernet dapat mundur-kompatibel:

     Jika Anda memiliki NIC 10/100 Mbps dan sebuah hub yang hanya 10 Mbps, NIC akan beroperasi pada 10 Mbps.
     Jika Anda memiliki NIC 10/100/1000 Mbps dan sebuah saklar yang hanya beroperasi pada 100 Mbps, NIC akan beroperasi pada 100 Mbps.


NIC nirkabel yang tersedia dalam banyak format dengan banyak kemampuan. Anda harus memilih NIC nirkabel berdasarkan jenis jaringan nirkabel yang terinstal, seperti yang dijelaskan dalam contoh ini:

     NIC 802.11b dapat digunakan pada jaringan 802.11g.
     802.11a hanya dapat digunakan pada jaringan yang mendukung 802.11a.
     802.11a, 802.11b, 802.11g dan NIC dapat digunakan pada jaringan 802.11n.
Memilih network device
Ada banyak perangakat jaringan yaitu:
-HUBS
Hub digunakan untuk berbagi data antara beberapa perangkat pada bagian jaringan. Hub dapat menghubungkan ke perangkat lain jaringan seperti switch atau router yang menghubungkan ke bagian lain dari jaringan. Kecepatan maksimum jaringan ditentukan oleh kecepatan hub.
Salah satu keuntungan dari sebuah hub adalah bahwa ia meregenerasi data yang melewati. Ini berarti bahwa sebuah hub juga dapat berfungsi sebagai repeater. Hub dapat memperluas jangkauan jaringan karena membangun kembali sinyal, yang mengatasi efek jarak.
-SWITCH
Pada saat ini switch telah menggantikan peradaban hub biak segi kecepatan maupun konektivitas.Namun, switch hanya bisa mengirimkan data ke perangkat yang dikirim.Switch memiliki tabel switching. Tabel ini berisi semua alamat MAC pada jaringan, dan port switch yang bisa digunakan untuk mencapai perangkat dengan MAC yang diberikan.
-ROUTER
Router menghubungkan jaringan bersama-sama. Pada jaringan perusahaan, satu port router terhubung ke koneksi WAN dan pelabuhan lain terhubung ke LAN perusahaan. Router menjadi gateway, atau jalan ke luar, untuk LAN. Dalam sebuah jaringan rumah, router menghubungkan komputer dan perangkat jaringan di rumah ke Internet. Dalam hal ini, router gateway rumah. Router nirkabel, berfungsi sebagai pintu gerbang rumah, titik akses nirkabel, dan switch. Ketika router rumah menyediakan beberapa layanan, mungkin disebut perangkat multi-fungsi.
-ISP Equipment
Ketika berlangganan ke ISP, Anda harus mencari tahu apa jenis peralatan yang tersedia sehingga Anda dapat memilih perangkat yang paling sesuai. Banyak ISP menawarkan diskon pada peralatan yang dibeli pada saat instalasi.B
eberapa ISP dapat menyewa peralatan di dasar bulan ke bulan. Ini mungkin lebih menarik karena ISP mendukung peralatan jika ada kegagalan, mengubah, atau upgrade ke teknologi. Pengguna rumah dapat memilih untuk membeli peralatan dari ISP karena, setelah periode waktu, biaya awal peralatan akan lebih rendah daripada biaya sewa peralatan.
 

Ditulis Oleh : m4ilsmile

Artikel Menentukan Komponen Untuk Jaringan ini ditulis oleh m4ilsmile pada hari Sunday, September 25, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Menentukan Komponen Untuk Jaringan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.