Cara Gampang Menentukan Toplogy

0

Pengertian TOPOLOGY adalah susunan/design dari beberapa computer dalam 1 network. Selanjutnya setelah anda memahami akan pengertian topologi maka anda akan mudah menentukan apa topologi yang akan digunakan dalam sebuah jaringan.


Berikut merupakan hal yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan topologi;

     1. Kabel dan jenis nirkabel yang digunakan
     2. Jumlah dan lokasi pengguna

Jumlah pengguna dan perkiraan jumlah pertumbuhan masa depan menentukan topologi fisik dan logis awal jaringan. Pemeriksaan, disebut survei situs, harus dilakukan di awal proyek. Sebuah survei situs adalah pemeriksaan fisik bangunan yang membantu menentukan topologi logis dasar, yang merupakan aliran data dan protokol. Anda harus membuat checklist untuk mencatat kebutuhan pelanggan Anda:

     Lokasi komputer pengguna '
     Posisi peralatan jaringan seperti switch dan router
     Posisi server

Sebuah rencana lantai atau cetak biru yang membantu untuk menentukan tata letak fisik peralatan dan kabel. Tata letak fisik sering didasarkan pada ruang yang tersedia, listrik, keamanan, dan pendingin udara. Gambar 1 menunjukkan berbagai jenis topologi jaringan. Jika rencana lantai atau cetak biru tidak tersedia, Anda harus membuat gambar dari mana perangkat jaringan akan ditempatkan, termasuk lokasi ruang server, printer, stasiun akhir, dan berjalan kabel. Gambar ini dapat digunakan untuk diskusi ketika pelanggan membuat keputusan tata letak akhir.

Ditulis Oleh : m4ilsmile

Artikel Cara Gampang Menentukan Toplogy ini ditulis oleh m4ilsmile pada hari Sunday, September 25, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Cara Gampang Menentukan Toplogy dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.