MSI 880GMA-E45 motherboard: Platform All-in-one Andal untuk Thuban

0

Detail Specifications


CPU Socket
LGA775 
Supported CPU
Intel Pentium Dual Core, Intel Core2 Duo, Intel Core2 Quad, Intel Core2 Duo Extreme 
Northbridge Chipset
Intel P43 
Southbridge Chipset
ICH10 
Front Side Bus
1333/1066/800MHz 
DIMM Sockets
4x DDR3 
Supported Memory
DDR3 800/1066/1333/1600*(OC) Dual Channel Unbuffered Memory 
Max. Memory
16GB Max 
Expansion Slots
·         One PCI Express x16 slot (PCI Express Bus SPEC V2.0 compliant).  
·         Two PCI Express x1 slots. (support PCI Express Bus specification v1.0a compliant)  
·         Three 32-bit v2.3 master PCI bus slots.  

Parallel ATA Controller
Serial ATA Controller
Audio
Chipset integrated by Realtek® ALC889/ALC885 
LAN
Supports PCI Express LAN 10/100/1000 Fast Ethernet by Realtek 8111DL. 
USB
USB 2.0 
Internal I/O
·         ATX 24-Pin power connector  
·         4-pin ATX 12V power connector  
·         CPU x 1/ System x 2 FAN connectors  
·         CD-in connector  
·         Front panel audio connector  
·         Front panel connector  
·         1 x chasis intrusion connector  
·         3 x USB 2.0 connectors  
·         1 x Floppy disk drive connector  
·         6 x Serial ATAII connectors  
·         1 x ATA133 connector  
·         1 x SPDIF-Out connector  
·         Clear CMOS jumper  
·         OverClocking switch  
·         1 x TPM module connector  

External I/O
·         1 x PS/2 keyboard  
·         1 x PS/2 mouse  
·         1 x Serial port  
·         1 x 6 in 1 audio jack  
·         6 x USB 2.0 ports  
·         1 x RJ45 LAN jack  

Form Factor
ATX 
Warranty
1-year Limited Warranty by Authorized Distributor 


12 October 2010. Author

Thuban telah tiba! Prosesor 6-core dari AMD bernama resmi Phenom II X6 ini mulai awal bulan Mei lalu sudah dapat ditemukan di pasaran Indonesia. Dalam waktu hampir bersamaan, AMD meluncurkan chipset baru seri 800 yang dimaksudkan sebagai pasangan idealnya. MSI sebagai salah satu produsen motherboard yang cukup dikenal pun tak ketinggalan merilis motherboard berbasis chipset seri 800 dari AMD yang siap mengadopsi Phenom II X6. Jika Anda sedang mencari motherboard untuk prosesor teranyar dari AMD ini, MSI 880GMA-E45 mungkin bisa dijadikan alternatif pilihan. Seperti apa kinerja serta feature yang diusungnya? Simak ulasan berikut!
Chipset AMD Seri 800
Berkat kemasan socket AM3-nya, Phenom II X6 juga backward compatible dengan motherboard ber-chipset lama yang juga menggunakan tipe socket tersebut. Chipset AMD seri 700 atau nForce seri 900 dan 700 dari NVIDIA, misalnya. Akan tetapi, tentu saja, untuk dapat memaksimalkan teknologi terbaru (seperti feature turbo dari Thuban atau SATA 3.0), Anda membutuhkan platform baru yang siap mengakomodir perangkat-perangkat terkini maupun yang akan datang. Untuk keperluan itulah, AMD merilis chipset seri 800, sesaat sebelum Thuban resmi diluncurkan sebagai Phenom II X6. Tujuannya, agar prosesor baru ini dapat berfungsi optimal dengan didukung peripheral termutakhir.
Northbridge dari chipset AMD seri 800 dibagi-bagi menjadi beberapa varian dengan penamaan yang mirip dengan pendahulunya, chipset seri 700. Sampai saat ini, sudah empat varian yang resmi diperkenalkan, yaitu 890FX, 890GX, 870, serta 880G. Tabel di bawah menjelaskan secara singkat perbedaan terpenting di antara keempatnya.



Seperti yang bisa disimpulkan dari namanya, MSI 880GMA-E45 menggunakan chipset northbridge AMD 880G. Berdasarkan tabel di atas, 880G memiliki kemiripan erat dengan 890GX. Kedua chipset ini sama-sama menggunakan proses fabrikasi 55nm dan memiliki on-board graphics. Perbedaannya terletak pada tipe on board graphics yang digunakan. 890GX menanamkan ATI Radeon HD 4290, sementara 880G dilengkapi dengan tipe yang berada sedikit di bawahnya, Radeon HD 4250. Bisa dikatakan bahwa 880G adalah versi yang lebih terjangkau dari 890GX. Walaupun begitu, seperti yang bisa dilihat dari hasil pengujian nanti, chipset ini ternyata lumayan bertenaga dan cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari. Motherboard berbasis chipset AMD 880G juga masih dilengkapi dengan slot PCI-Express x16 yang memungkinkan pengguna untuk memakai graphics card add-on, meskipun, karena keterbatasan jalur PCI-Express, ia tidak dapat mendukung solusi multi-GPU.
Beralih ke southbridge, di sinilah letak kelebihan utama chipset AMD seri 800 dibanding pendahulu-pendahulunya, baik buatan AMD sendiri maupun produsen lain. AMD memasangkan northbridge chipset seri 800 dengan southbridge yang juga baru, yaitu SB850. Perbedaannya dengan southbridge SB710 yang merupakan pasangan chipset seri 700 sebelumnya dapat Anda lihat di bawah.


Salah satu perbedaan yang paling mendasar di antara SB850 dan SB710 adalah dukungan SATA 6Gbps (SATA-3) di SB850. Di sini AMD melakukan langkah tepat dengan mengintegrasikan controller SATA-3 di southbridge chipset yang akan dipadankan dengan prosesor Phenom II X6. Tak lama lagi, akan bermunculan banyak perangkat storage yang mampu memanfaatkan kecepatan ekstra dari SATA-3. Sebut saja SSD yang semakin lama semakin matang dan terjangkau, belum lagi pengaplikasian RAID yang tentu akan sangat terbantu oleh interface baru ini. Mungkin sekarang kegunaannya belum terlihat, tapi berkat dukungan SATA-3 secara native dari southbridge SB850, kelak Anda tidak perlu pusing lagi jika ingin membeli peripheral SATA-3 terbaru. Cukup tancapkan saja ke motherboard dan Anda bisa langsung menikmati performa maksimal dari perangkat Anda. SB850 juga memiliki controller Ethernet 10/100/1000 Mbps terintegrasi.
Sayang AMD tidak turut serta memasukkan dukungan USB 3.0. Produsen motherboard harus mencari solusi tambahan lain jika ingin menerapkan feature yang satu ini pada produk mereka. Namun, seperti yang Anda bisa lihat di bagian pembahasan nanti, ternyata hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dipermasalahkan pada MSI 880GMA-E45.
Kemasan dan Perlengkapan
MSI 880GMA-E45 adalah sebuah motherboard dengan faktor bentuk Micro-ATX. Karena itu, kotak kemasannya pun tidak berukuran terlalu besar. Di sini kita bisa melihat desain khas motherboard MSI dengan corak warna ungu dan keteragan tipe motherboard yang terpampang jelas. Ada satu hal yang menarik, MSI menempelkan stiker “Military-class Components” di bagian depan. Penggunaan komponen “bertaraf militer” rupanya turut diterapkan di jajaran motherboard MSI, setelah sebelumnya pada lini graphics card-nya.
 






Deretan komponen yang diklaim MSI sebagai “produk berkelas militer” pada bagian VRM
Beralih ke bagian panel belakang, konektor yang dimiliki MSI 880GMA-E45 terbilang cukup lengkap. Anda yang berniat menggunakan graphics on-board motherboard ini bisa memilih di antara tiga jenis output display yang tersedia: D-SUB, DVI, dan HDMI. Graphics ATI Radeon HD 4250 yang terintegrasi di chipset AMD 880G memang mendukung penuh ketiga fungsi output display ini.
Selain itu, ada pula 6 buah port USB, dua di antaranya yang berwarna biru adalah port USB 3.0. Tunggu dulu, USB 3.0? Tentu saja, karena Southbridge SB850 tidak mendukung USB 3.0 secara native, produsen-produsen motherboard lantas menambahkan solusi mereka sendiri agar produknya dapat mendukung USB 3.0, tak terkecuali MSI dengan 880GMA-E45. Sebagai controller-nya, MSI memilih chip buatan NEC. Kami sempat menguji kinerja controller tersebut di kesempatan lain, dan hasilnya boleh dikatakan cukup memuaskan. NEC merupakan pembuat salah satu chip controller USB 3.0 terkencang yang berhasil kami temui sejauh ini. Pemasangan chip tersebut menggenapkan dukungan peripheral terbaru yang bisa Anda temukan di motherboard ini: SATA 6Gb/s dan USB 3.0.

 
Konektivitas yang disediakan di panel belakang cukup lengkap, termasuk tiga jenis output display yang dapat bebas Anda pilih


Dari total enam buah port USB, dua yang berwarna biru adalah port USB 3.0 yang mendukung kecepatan transfer data lebih tinggi dibandingkan port USB 2.0.
 
MSI 880GMA-E45 menggunakan chip controller USB 3.0 buatan NEC
Kerena menggunakan form factor Micro-ATX, dengan sendirinya motherboard ini hanya memiliki sedikit slot ekspansi. Hanya tersedia satu buah slot PCI-Express 16x, 2 buah PCI-Express 1x, dan satu buah slot PCI. Slot SATA berjumlah cukup banyak, yaitu 6 buah. Uniknya, slot SATA nomor 1 dan 2 ditempatkan pada posisi vertikal sehingga cocok untuk boot drive Anda, sementara sisanya mengambil posisi horizontal di bagian pinggir PCB motherboard, tepatnya di pojok kanan bagian bawah.



Inilah peralatan pelengkap yang terdapat dalam paket penjualan MSI 880GMA-E45
BIOS MSI 880GMA-E45 sarat dengan parameter tuning melalui menu khas MSI, cell menu. Hampir segala hal yang berkaitan dengan sistem, seperti voltase CPU dan timing memori, dapat diatur di sini. Kami juga menemukan parameter khusus bernama “Unlock CPU-Core” yang jelas-jelas menyatakan fungsinya sebagai “pembuka” core fisik pada beberapa prosesor AMD. Dilihat dari parameter yang disediakan, seharusnya fungsi ini bisa membuka hingga enam core prosesor. AMD sendiri hingga saat ini belum mengeluarkan prosesor 6-core yang satu atau beberapa core-nya dimatikan tetapi bisa dinyalakan kembali seperti pada Sempron dan Athlon II x3 dulu.



Terdapat fungsi unlock CPU core di bawah cell menu pada BIOS

Selain paket driver dan software utility bawaan (seperti Overclocking Center dan Control Center, serta AMD Overdrive), MSI juga memberikan bonus berupa software sekuriti Norton Internet Security 2010. Masa aktif yang diberikan lumayan panjang, yaitu 60 hari. Jadi, komputer baru Anda dapat langsung terlindungi dari ancaman malware berbahaya begitu selesai dirakit. Jika mengaktifkan (renew) software ini sebelum masa berlakunya habis, Anda akan memperoleh diskon sebesar 21% dari MSI.

MSI Control Center memungkinkan pengguna mengubah setting BIOS selagi berada di dalam Windows


Software Norton Internet Security 2010 dapat turut serta Anda temukan dalam DVD
Pengujian Kinerja
Usai membahas perlengkapan dan feature, sekarang marilah kita lanjutkan ke uji kinerja. Berikut ini penjabaran lengkap platform pengujian kami.
Hardware
Prosesor: AMD Phenom II X6 1055T
Memori: Kingston Hyper X PC-16000 DDR3, 2 GB (2×1 GB)
Hard disk: Western Digital Caviar Black, 500 GB (32 MB Cache)
Power Supply: Gigabyte 460 watt
Monitor: AOC E936VW, 18,5” (1366×768)
Input: Mouse dan keyboard Genius
Software
Operating system: Windows 7 Ultimate (32-bit)
Driver chipset: AMD North Bridge Filter Driver (1.3.1.49), AMD SATA AHCI Driver (1.2.0.164)
Driver on-board graphics card: ATI Display Driver (8.7)
Kami menggunakan rangkaian software di bawah ini untuk melakukan benchmarking.
Sysmark 2007
Suite pengujian sistem dari Bapco yang menggunakan basis aplikasi-aplikasi real world yang umum dipakai oleh para pengguna komputer. Cakupan pengujian Sysmark 2007 cukup luas, termasuk skenario office dengan aplikasi Microsoft Word, Excel, Outlook dan sebagainya, hingga skenario produktivitas dengan aplikasi-aplikasi yang terhitung “agak” berat seperti Adobe After Effects dan Photoshop, serta 3D Studio Max. Walhasil, Sysmark mampu memberikan gambaran mengenai kinerja sebuah system di hampir semua kondisi penggunaan. Skor akhir dinyatakan dalam jumlah poin.
Left 4 Dead
Para penggemar game FPS pasti sudah tak asing lagi dengan judul game yang satu ini. Left 4 Dead menggunakan engine source yang, meskipun sudah cukup berumur, kinerjanya bergantung pada kinerja sistem secara keseluruhan (bukan hanya graphics card). Karena itulah, game ini disertakan dalam pengujian. Kami merekam 2 timedemo buatan sendiri. Satu timedemo (CPU) dirancang untuk condong memberikan beban pada prosesor, sedangkan timedemo yang lain (GPU) kami buat untuk membebani sub-sistem grafis. Skor pengujian dinyatakan dalam satuan FPS (Frame Per Second). Kami menggunakan resolusi 1024×768 dan menyetel tampilan grafis pada posisi terendah untuk melihat kinerja on-board graphics motherboard sekaligus kinerja keseluruhan sistem di pengujian ini.
Winzip
Software ini kami gunakan untuk mengukur kinerja sistem dalam mengompresi file. Kami menyediakan sebuah folder berisi ratusan file dan folder (ukuran total sekitar 700 MB) untuk dikompresi. Untuk menambah beban, digunakan pula enkripsi AES 256-bit. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan kompresi kemudian diukur.
Cyberlink Media Espresso
Benchmark terakhir adalah encoding video menggunakan software Media Espresso dari Cyberlink. Kami menggunakan klip video High-Definition format AVI (1920×1080) berdurasi 1 menit 56 detik, serta mengubahnya ke format MP4 dengan dua resolusi: 1920×1080 (transcoding) dan 720×480 (encoding). Sama seperti pengujian kompresi, kami mengukur waktu yang diperlukan sistem untuk menyelesaikan kedua konversi video.
HASIL PENGUJIAN KINERJA
Untuk keperluan mengukur kinerja, kami mengatur setting BIOS pada kondisi default. Feature Cool ‘n Quiet dinyalakan agar prosesor Phenom II x6 dapat menaikkan kecepatan dengan feature turbo yang dimilikinya. Penjabaran lengkap hasil pengujian dapat Anda lihat di bawah.



Sysmark 2007
E-Learning
149
Video Creation
219
Productivity
149
3D
203
Preview Rating
177
 
Left 4 Dead
CPU (Low 1024×768)
30.04 FPS
GPU (Low 1024×768)
20.88 FPS
 
Winzip
Kompresi AES 256-bit
1 menit 22 detik
 
Media Espresso Encoding
Transcoding ke 1920×1080
3 menit 45 detik
Encoding ke 720×480
48 detik
 
Tabel-tabel skor di atas menunjukkan bahwa kinerja motherboard ini secara keseluruhan cukup baik. Untuk aplikasi produktivitas harian, performanya sudah lebih dari cukup. Berkat prosesor hexa-core AMD Phenom II x6, kinerja multimedianya pun meyakinkan. Encoding video dapat diselesaikan dengan cepat. Sementara itu, graphics card Radeon HD 4250 yang terintegrasi rupanya agak kepayahan menangani aplikasi game yang ringan sekalipun. Akan tetapi, solusi graphics on-board dari MSI 880GMA-E45 ini masih mampu memutar konten video full-HD dengan mulus.
Kesimpulan
AMD memang menyediakan platform yang cukup mengiurkan dengan Phenom II x6 plus chipset seri 800. Dinilai dari segi harga, motherboard dengan chipset AMD seri 800 rata-rata berharga relatif terjangkau. Biaya perakitan secara keseluruhan pun dapat ditekan lebih jauh melalui varian motherboard dengan chipset all-in-one seperti MSI 880GMA-E45 ini. Anda cukup menyediakan uang sekitar US$ 133 untuk membawa pulang motherboard tanpa perlu menambah biaya untuk graphics card add-on. Cukup kompetitif bila dibandingkan dengan produk-produk sejenis yang juga menggunakan chipset AMD 880G. Di motherboard ini masih tersedia pula nilai tambah berupa komponen berkualitas dan dukungan komplit untuk peripheral masa depan (USB 3.0 + SATA 6Gb/s).
Berkat form factor mini-ATX, motherboard ini juga tidak terlalu banyak memakan tempat di dalam casing. Namun, karena faktor bentuk itu pula ia tak dapat mendukung banyak slot ekspansi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda hanya dapat memasang paling banyak satu buah card tambahan di slot PCI dan PCI-Express x16, serta dua buah card di slot PCI-Express x1, itupun kalau Anda tidak berniat memasang graphics card tambahan. Salah satu slot PCI-Express x1 akan terhalang apabila terdapat graphics card add-on.
Biarpun mungkin terkesan sebagai solusi hemat biaya, kinerja motherboard ini ternyata cukup tinggi. Ditambah dengan konektivitas display output yang komplit, lengkaplah motherboard ini sebagai sarana media-PC Anda. MSI 880GMA-E45 cocok dipakai untuk basis sistem multimedia yang tidak terlalu difokuskan untuk keperluan gaming, melainkan playback dan encoding content. Apalagi ketika dipasangkan dengan prosesor berbasis AMD Thuban yang memiliki 6-core. Berdasarkan pengalaman kami, di aplikasi multimedia seperti Cyberlink Media Espresso, kinerja prosesor ini bisa lebih tinggi hingga 50% dibandingkan pendahulunya pada clockspeed yang sama.  Tambahkan harddisk serta SSD SATA 6Gb/s, dan Anda sudah memiliki sistem multimedia yang komplit serta dapat diandalkan.
Karena itulah, MSI 880GMA-E45 sesuai untuk pengguna komputer casual yang memakai PC untuk menyelesaikan tugas sehari-hari sekaligus menikmati hiburan lewat fasilitas multimedia. Untuk penggunaan sehari-hari menggunakan aplikasi produktivitas maupun multimedia tersebut, kinerjanya dijamin tidak mengecewakan. Pemain game juga masih dapat dipuaskan dengan kinerja motherboard ini, dengan syarat menambah graphics card add-on di slot PCI-Express x16 yang tersedia.
Kelebihan:
  • Feature cukup lengkap
  • Tambahan port USB 3.0
Kekurangan:
  • Tidak terlalu banyak menyertakan perlengkapan tambahan
  • Slot ekspansi terbatas
MSI 880GMA-E45
Distributor: Alfa Artha Andaya (021 6220 0000)
Harga: 1.200.000 (per 12 Oktober 2010)
Data Teknis
Prosessor: AMD Socket AM3
Chipset: AMD 880G
On-board Graphics: ATI Radeon HD 4250
Output Graphics Card Onboard : D-SUB, DVI, HDMI
Multiplier: Auto
Faktor Bentuk: mini-ATX
AGP/PCI/PCIe x16/PCIe x1: 0/1/1/2
USB/Firewire/Serial/Pararel/eSATA: 6/0/1/0/0
PATA/SATA Port: 1/6
DDR3 Slot: 4
Perlengkapan:
Buku Manual, Quick Installation Guide, Panduan Software MSI Control Center, DVD Driver dan software, Backpanel, Kabel SATA (x1), Kabel IDE (x1)






Ditulis Oleh : m4ilsmile

Artikel MSI 880GMA-E45 motherboard: Platform All-in-one Andal untuk Thuban ini ditulis oleh m4ilsmile pada hari Tuesday, October 26, 2010. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang MSI 880GMA-E45 motherboard: Platform All-in-one Andal untuk Thuban dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.